D..n..t ( Tebak apa judulnya !! )

Sejak abad ke-16, orang Belanda suka sekali oliebol. Itu lo, kue yang bentuknya bulat dan rasanya manis, mirip roti goreng. Bagian luarnya ditaburi gula bubuk.
Kue faforit ini disebut oliebol (bulatan minyak), karena menggorengnya memerlukan banyak minyak. Kalau tidak sampai terendam minyak, matangnya tidak merata. Luarnya sudah hampir hangus, eh dalamnya masih mentah!
Satu setengah abad kemudian, banyak orang Belanda pindah ke Benua Amerika. Di kediaman bariu ini mereka juga membuat oliebol. Kue itu bukan hanya untuk dinikmati keluarga mereka sendiri, tetapi juga disuguhkan kepada tamu. Ternyata, banyak tamu yang menyukainya dan meminta diajari membuatnya.

Penduduk Amerika yang bukan berasal dari Belanda ikut-ikutan membuat oliebol. Tidak semua menyukai bentuk bol (benda bulat, bola). Ada yang mencoba membuat bentuk-bentuk lain dari adonan oliebol.

Banyak diantara mereka lebih suka model gepeng yang mirip bolang-baling dan cakwe pendek. bentuk seperti ini bisa membalik sendiri saat digoreng sehingga menghemat kerjam Bagian dalamnya pun lebih cepat matang daripada yang bulat. Habis, pipih sih.

Karena bentuknya tidak selalu bulat lagi, kue ini tidak lagi disebut oliebol melainkan .... (NIH JAWABANYYA SAMA KAYAK YANG DI JUDUL)


(Nulisnya entar lagi deh)

0 komentar: